Tuesday, January 23, 2018

Bentuk Fee Kontraktor Rumah

Ada 2 jenis model pembayaran untuk kontrakror rumah. Yang pertama adalah sistem termin yang kadang digunakan pada sistem borongan. Dimana pembayarannya diawali dengan membayarkan DP yang kemudian dibagi ke dalam beberapa termin atau tahapan pembayaran. Sedangkan yang kedua adalah cost and fee, dimana cost adalah nilai dari proyeknya sedangkan fee adalah upah yang diterima kontraktor yang menangani proyeknya. Biasanya, kontraktor akan memperoleh fee 10 persen dari nilai proyek yang dikerjakan. Misalnya jika cost membangun rumah adalah 50 juta, maka fee kontraktor rumah adalah 5 juta. sehingga pihak owner harus memberi dana dengan totall 55 juta.

Penggunaan sistem pembayaran tergantung dari kesepakatan dari kedua belah pihak, yakni antara kontraktor dan para kilen. Jika pihak pemilik bangunan bisa membayar dengan sistem cost and fee, maka sah-sah saja jika melakukannya. Karena memang orientasi dari sistem pembayaran ini adalah meningkatkan pelayanan dan kualitas bangunan serta membuat kontraktor bekerja dengan tenang tanpa takut kekurangan dana serta merasa puas denga fee yang dia peroleh. 


Tak terkeculi juga fee kontraktor rumah juga akan sepadan dengan perolehan dari kontraktor rumah laiinnya. Yakni 10 persen dari nilai proyek rumah anda. Maka ada baiknya anda membicarakan mengenai Rencana Anggaran Biaya (RAB) sehingga bisa diperoleh nilai proyeknya.
Maka dari itu hal ini tidak boleh dianggap sepele. Anda perlu menentukan kontraktor yang kredibel agar fee kontraktor rumah anda tidak sia-sia dan menghasilkan rumah dengan kualitas yang terbaik. Karena memang kontraktor yang kredibel akan mampu menganggarkan biaya pembangunan dengan baik dan melaksanakan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Bahkan berani memberi garansi ketika rumah anda mengalami kerusakan pada musim tertentu.

1 comment:

  1. The blog is very informative. Those information are very useful for me. I found it really helpful. Thanks for taking the time to write all this.

    ReplyDelete